Pelatihan: Personal Knowledge Management (PKM) in Practice


Pengetahuan merupakan sumber yang sangat penting di jaman sekarang ini. Setiap orang ataupun perusahaan yang dituntut untuk dapat terus meningkatkan pengetahuan dan juga keterampilannya dalam mengelola pengetahuan yang diperolehnya itu. Knowledge Management (KM) menjadi salah satu disiplin yang sedang sangat popular saat ini, sebagai disiplin yang mengelola pengetahuan secara khusus dan sistematik. Knowledge Management (KM) adalah kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman. Pengertian dan pengalaman semacam itu terbangun atas pengetahuan, baik yang terwujudkan dalam seorang individu atau yang melekat di dalam proses dan aplikasi nyata suatu organisasi.

Personal Knowledge Management (PKM) merupakan himpunan proses dari seseorang untuk mengumpulkan, mengklasifikasikan, menyimpan, menelesuri, mengambil dan berbagi pengetahuan dalam seluruh aktifitas hariannya dan juga proses-proses ini mendukung aktifitas-aktifitas pekerjaannya. Hal ini sangat berkaitan dengan pandangan bahwa ‘knowledge worker’ sangat memerlukan tanggung jawab untuk tumbuh terus dan juga belajar yang berkelanjutan. Dan PKM ini merupakan pendekatan bottom-up Knowledge Management (KM), berlawanan dari konsep konvensional yang menekankan pada pendekatan top-down.

Personal Knowledge Management (PKM) dapat dipandang dari dua dimensi, yaitu personal knowledge dan personal management. PKM ini dapat menjadi landasan penting bagi perusahaan / organisasi untuk dapat menerapkan Knowledge Management (KM) secara luas ataupun menyeluruh di lingkungan perusahaan / organisasi.

Pelatihan ini memberikan pengertian yang berkaitan dengan Knowledge Management (KM) secara umum, dan juga Personal Knowledge Management (PKM) termasuk aktifitas-aktifitasnya, dan juga bagaimana memanfaatkan perangkat-perangkat lunak / sistem untuk mendukung aktifitas PKM ini, seperti XMind, Google Drive dan Microsoft OneNotes.

Isi Materi Pelatihan

  1. Pengertian Pengetahuan dan Proses Pengetahuan SECI
  2. Knowledge Management (KM) dan Aktifitas-Aktifitasnya
  3. Personal Knowledge Management (PKM) dan Aktifitas-Aktifitasnya
  4. Menyusun Peta Pengetahuan Personal dengan Mind-Map dan XMind
  5. Pengantar Aplikasi Google Drive dan Petunjuk Penggunaannya
  6. Mengelola Pengetahuan dengan Google Search dan Google Drive
  7. Pengantar Micosoft OneNotes dan Petunjuk Penggunaannya
  8. Mengelola Pengetahuan dengan Microsoft OneNotes

Tujuan Pelatihan

  1. Peserta dapat menyusun database pengetahuan personal secara sistematik
  2. Peserta dapat menyusun peta pengetahuan personal (personal knowledge map)
  3. Peserta dapat mencari pengetahuan dari luar dengan menggunakan google search sesuai dengan kerangka peta pengetahuan personal
  4. Peserta dapat mengelola pengetahuan-pengetahuan melalui Google Drive
  5. Peserta dapat mengelola pengetahuan-pengetahuan melalui Microsoft OneNotes
  6. Peserta dapat meningkatkan pengetahuan-pengetahuan sesuai dengan focus dan pendalamannya

Peserta Pelatihan

Pimpinan perusahaan, manajer, kepala kantor, petinggi politik, para legislatif, pengambil keputusan, penyusun strategi, mahasiswa S1/S2/S3, para pelajar dan siapa saja yang berkeinginan mendalami metoda proses pengelolaan pengetahuan personal secara sistematik.

Lama Pelatihan : 2 Hari

Metoda Pelatihan

  1. Pelatihan menggabungkan teori dan praktik dengan dukungan perangkat lunak Microsoft OneNotes, Google Drive, XMind
  2. Pelatihan meminta para peserta untuk melakukan eksplorasi pengetahuan personal yang menjadi minatnya dengan menggunakan XMind, Google Drive, Google Search, Microsoft OneNotes
  3. Pelatihan memberikan diskusi terbuka di antara instruktur dan peserta pelatihan terhadap penerapan Personal Knowledge Management (PKM)

Sumber: http://multiforma.co.id/personal-knowledge-management-pkm-in-practice/

2 thoughts on “Pelatihan: Personal Knowledge Management (PKM) in Practice

  1. Salamun ‘alan man ittaba’al huda. Indeed the briliant idea. Actually I never heard it before about the Personal Knowledge Management. I would like give us and all moslems

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s