Pelatihan: Strategic Decision Making Using Analytic Hierarchy Process (AHP) and Software Expert Choice


Dunia merupakan sistem yang sangat kompleks, dan merupakan keterikatan atau integrasi dari beberapa sistem yang juga kompleks, seperti sistem politik, militer, pendidikan, ekonomi dsb; satu sistem tidak bisa terlepas dari sistem yang lainnya, sebagai contoh tidak mungkin mempunyai sistem pendidikan yang baik kecuali mempunyai sistem perekonomian yang baik juga atau bahkan harus mempunyai sistem teknologi yang tepat dan begitupun sebaliknya.

Permasalahan yang muncul merupakan keterikatan yang sangat erat diantara sistem-sistem tersebut, sehingga mendorong kita semua untuk bisa memetakan persoalan dan menetapkan prioritasnya dengan baik dan terstruktur, sehingga langkah-langkah solusi dapat dilaksanakan. Penyelesaian masalah tersebut dapat dilaksanakan melalui multi-criteria methods. Salah satu metoda yang sangat populer adalah Analytic Hierarchy Process (AHP), dan telah banyak diterapkan dalam macam-macam aplikasi.

Untuk dapat menyelesaikan persoalan yang kompleks dan memberikan keputusan-keputusan efektif, maka diperlukan tiga prinsip berpikir analitik yaitu :

  • Menyusun Hierarki. Untuk memperoleh informasi yang lengkap, maka kita harus mampu menyusun realitas atau persoalan yang kompleks ke dalam elemen-elemen yang mempengaruhinya, selanjutnya elemen-elemen tersebut juga disusun dari elemen-elemen yang lebih kecil, dan seterusnya, sehingga membentuk hierarki. Untuk mampu menyusun hierarki dari satu persoalan dengan baik, biasanya orang melakukan brainstorming dahulu sehingga akan terkumpul elemen-elemen tersebut, selanjutnya dipilih secara baik dan membentuk hierarki tersebut.
  • Menentukan Prioritas. Setelah menyusun hierarki, selanjutnya kita membandingkan elemen-elemen tersebut satu sama lain yang mempunyai hubungan, melalui perbandingan skala yang dikembangkan di AHP, maka akhirnya terbentuk urutan-urutan prioritas terhadap persoalan tersebut. Dari hasil urutan tersebut, kita akan mempunyai pandangan yag logis dan mampu mengambil keputusan-keputusan yang efektif dan logis.
  • Konsistensi Logis. Setiap hierarki yang dibangun akan memberikan perhitungan konsistensi logis yang dimiliki oleh setiap orang. Sehingga hierarki dapat dipergunakan untuk memperlihatkan kekonsistensian seseorang dalam menghadapi persoalan, dan memberikan solusi-solusinya.

Pelatihan ini memberikan pendekatan yang cukup populer untuk mendukung analisa proses pengambilan keputusan yaitu Analytic Hierarchy Process (AHP) bagi para pimpinan, kepala kantor, manager atau pengambil keputusan (decision maker).

Isi Materi Pelatihan

  1. Pendahuluan Decision Making
  2. Analytic Hierarchy Process (AHP)
  3. Aplikasi-Aplikasi AHP
  4. Perangkat Lunak Expert Choice
  5. Aplikasi-Aplikasi penggunaan perangkat lunak Expert Choice
  6. Menselaraskan inisiatif-inisiatif strategik dengan visi perusahaan

Tujuan Pelatihan

  1. Peserta dapat menyusun struktur decision making dengan metoda AHP
  2. Peserta dapat mengetahui aplikasi-aplikasi penerapan AHP dalam sebuah organisasi
  3. Perserta dapat menggunakan Expert Choice untuk decision making
  4. Peserta dapat menyimpulkan hasil proses decision making dengan AHP
  5. Peserta dapat menyusun inisiatif strategic yang sangat erat dengan visi

Peserta Pelatihan

Pimpinan perusahaan, manajer, kepala kantor, petinggi politik, para legislatif, pengambil keputusan, penyusun strategi, dan siapa saja yang berkeinginan mendalami metoda proses pengambilan keputusan (decision making) secara sistematik.

Lama Pelatihan : 2 Hari

Metoda Pelatihan

  1. Pelatihan menggabungkan teori dan praktik dengan dukungan perangkat lunak AHP (Expert Choice).
  2. Pelatihan meminta para peserta untuk melakukan eksplorasi penerapan AHP dan Expert Choice dalam kasus-kasus yang dihadapinya
  3. Pelatihan memberikan diskusi terbuka di antara instruktur dan peserta pelatihan terhadap penerapan AHP dan Expert Choice

Sumber: http://multiforma.co.id/strategic-decision-making-using-analytic-hierarchy-process-ahp-and-software-expert-choice/

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s