Beberapa Point Berkaitan Knowledge Management


Selamat pagi, mudah-mudahan dalam keadaan baik. Di bawah ini beberapa point yang kami sharekan.

(1) Competitive-Advantage merupakan hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan, dan hal ini dapat dilakukan jika perusahaan yang bersangkutan dapat meningkatkan PRODUKTIFITAS, KUALITAS dan INOVASI yang berkelanjutan terhadap produk dan servicenya. Dan KM mempunyai peran yang sangat penting terhadap ketiga hal itu. Akan cukup sulit bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan produktifitas, kualitas dan inovasi tanpa adanya proses pengelolaan pengetahuan yang benar. Beberapa perusahaan raksasa dunia sekarang ini tidak lepas dari KM, dan hal itu sangat nampak dari produk/service yang ditawarkannya yang terus mengalami perkembangan dan penambahan fiturnya.

(2) Social Media/Networking merupakan pelayanan yang banyak dipergunakan oleh masyarakat dunia, seperti facebook, twitter, linkedIn, dsb. Knowledge Management (KM) merupakan pendekatan terintegrasi dari sisi organisasi, teknologi, SDM, dan konten. Sehingga dengan pola pengaturan yang khusus dan tepat, maka kita bisa menggunakan Social Media untuk menjalankan KM di perusahaan.

(3) Research & Development (R&D)merupakan aktifitas perusahaan yang sangat penting terhadap pengembangan produk atau service dari perusahaan. R&D sangat kental dengan perpindahan pengetahuan dan juga pengembangan pengetahuan. Dan KM seharusnya diterapkan untuk mendukung R&D. Hal ini jelas akan memudahkan dalam proses R&D yang dilakukan untuk menghasilkan produk/sevice yang jelas untuk perusahaan, sehingga apakah produk yang dikembangkan itu berdaya saing atau tidak bergantung pada pengetahuan yang diterapkannya.

(4) Tipe pengetahuan itu tidak hanya dalam bentuk tulisan, TETAPI dapat berupa dalam bentuk Tanya-Jawab, Forum Diskusi, Problem-Solving, Diagram Perancangan, Lihat Aktifitas Langsung, Tulisan Pengalaman Setelah Bekerja, Link-Internet, dsb. Dan tipe pengetahuan itu sendiri dapat berupa TEXT, ataupun MULTIMEDIA. KM mempunyai tool-tool untuk mendukung, misalkan AAR (After-Action Review) sebuah tool untuk melakukan review terhadap pekerjaan yang sudah dilakukan, dan hal ini akan banyak pengetahuan atau pengalaman yang muncul. AAR ini telah dipergunakan oleh Siemens, ketika para engineer untuk melakukan pemeliharaan sistem sentral telepon, maka dilaporkan hasilnya kepada engineer siemen lainnya.

(5) KM ini akan banyak ragamnya, bergantung pada penerapannya di perusahaan. Dan bisa saja di satu perusahaan, penerapan KM ini lebih dari 2 atau 3 tipe penerapan KM. Dan hal itu bergantung pada KM Strategi yang dipilihnya, yang secara langsung berhubungan dengan Strategi perusahaan yang bersangkutan. Dan penerapan KM ini AKAN SANGAT BERGANTUNG pada flow pengetahuan yang dikembangkan. Sehingga diperlukan ROAD-MAP KM, karena tidak mungkin diterapkan dikembangkan dengan beragam tipe KM dalam waktu yang bersamaan.

(6) Taksonomi Pengetahuan (Knowledge Taxonomy) ini akan beragam bentuk untuk tipe penerapan KM di satu perusahaan. Karena bisa juga untuk lebih memudahkan dalam pemetaan pengetahuan, maka taksonomi itu difokuskan Job-Description dan Competency, atau juga pada Proces-Objective, atau bahkan pada pembagian pengetahuan itu sendiri.

Terimakasih,

Mohamad Haitan Rachman

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s