Membangun Kebiasaan Bermusyawarah untuk Never Ending Improvement


Sudah waktunya para pemimpin ataupun pejabat pemerintahan apakah pusat ataupun daerah untuk memikirkan dan segera membangun Kebiasaan Bermusyawarah di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Meskipun Pancasila mengandung sila yang berkaitan dengan MUSYAWARAH, tetapi masyarakat Indonesia belum mempunyai Kebiasaan Bermusyawarah.

Tidaklah mungkin sebuah bangsa, ataupun bahkan dalam lingkungan yang kecil seperti Keluarga ataupun Perusahaan dapat mengalami kemajuan dari waktu ke waktu, kalau setiap anggotanya dari masyarakat tersebut selalu menimbulkan kontra produktif. Kontra produktif jelas akan menurunkan produktifitas dari masyarakat yang bersangkutan.

Hampir di macam-macam perusahaan apapun yang berkeinginan mengalami kemajuan, maka tentunya perusahaan yang bersangkutan membangun sebuah kebiasaan bermusyawarah untuk mengambil keputusan-keputusannya untuk dilaksanakan dengan baik dan sistematik. Apalagi dalam lingkungan yang lebih besar, dalam satu negara. Maka tentunya Kebiasaan Bermusyawarah ini harus dibangun dengan baik dan sistematik.

Musyawarah bukan hanya sebagai teoritis semata, tetapi merupakan kebiasaan yang membumi di tengah-tenga masyarakat. Sehingga tidak ada lagi hal-hal yang kontra produktif, misalkan demo masyarakat di salah tempat, dikarenakan sebidang tanah yang cukup lama sebagai milik pemerintah berpindah tangan ke segelintir. Tentunya masyarakat yang bersangkutan bertanya, kenapa bisa berpindah tangan.

Coba kalau segala sesuatunya dimusyawarahkan, dan tentunya sebagian orang tidak begitu saja mengaku sesuatu yang bukan haknya. Maka boleh jadi kontra-produktif itu tidak banyak terjadi di Indonesia. Karena kita bangsa Indonesia masih terus-menerus dalam kontra produktif, maka bangsa lain terus melaju dengan inovasi-inovasi barunya. Sehingga tidak heran sekarang hampir bangsa Indonesia menjadi pasar dari produk-produk dari bangsa lain.

Oleh karena itu, sekarang para pejabat/pemimpin di pusat ataupun daerah untuk dapat mebangun kebiasaan bermusyawarah untuk masyarakat Indonesia. Musyawarah yang dilakukan secara sistematik akan membawa pada perubahan "Never Ending Improvement".

Mau?

One thought on “Membangun Kebiasaan Bermusyawarah untuk Never Ending Improvement

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s