Bangsaku…! Kehilangan Pengetahuan Sama Dengan Kehilangan Peluang


Kehilangan pengetahuan yang kita miliki sama dengan kehilangan peluang dan inovasi untuk di masa depan. Telah banyak biaya dan tenaga dikeluarkan untuk mendapatkan pengetahuan, tetapi kita kadangkala lupa untuk mengelola pengetahuan tersebut dengan baik. Alhasil sekarang ini kita selalu tertinggal dari negara yang dulunya belajar ke bangsa kita sendiri, Malaysia.

Pengetahuan mempunyai peran yang sangat penting dalam era globalisasi dan persaingan bebas. Tanpa adanya kehandalan dalam pengetahuan yang dimilikinya, kita akan selalu tertinggal dari negara lainnya dikarenakan kita terlambat mengambil peluang-peluang melalui inovasi-inovasi baru. Negara tetangga yang awalnya belajar dari Indonesia, sekarang ini telah mendahului kita. Bahkan negara jiran tersebut telah mempunyai rencana terhadap pertumbuhan negaranya dengan baik.

Pengetahuan akan selalu berkembang, dan diganti dengan pengetahuan yang baru dari waktu-ke-waktu. Oleh karena itu Knowledge Management, atau yang lebih dikenal sebagai KM, mempunyai peran yang sangat penting terhadap pengelolaan pengetahuan itu sendiri. KM dapat mengurangi kehilangan pengetahuan itu sendiri, disamping tentunya menjadi sarana untuk menumbuhkembangkan pengetahuan itu dari waktu-ke-waktu. Sehingga KM dapat mengurangi kehilangan peluang dan inovasi di masa depan.

Indonesia cukup terlambat dalam mengadopsi konsep knowledge management (KM) ke dalam organisasi perusahaan ataupun pemerintahan, dibandingkan dengan negara tetangga apalagi dengan negara yang sudah maju terdepan. Sehingga kita semua saat ini tidak merasa rugi dengan kehilangan pengetahuan yang terjadi di perusahaan, apakah kita menyesal dengan kehilangan pengetahuan di beberapa perusahaan BUMN kita?

Apakah kita tidak merasa rugi dengan kepindahan pengetahuan dikarenakan perusahaan kita dijual atau berpindah tangan? Pengetahuan itu diperoleh melalui proses yang sangat panjang, beberapa BUMN banyak menyekolahkan sampai ke luar negeri, tetapi sekarang ini tinggal kenangan. Dan untuk memulai kembali merupakan pekerjaan yang sangat besar dan mahal. Bangsa Indonesia masih mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, kita mempunyai tanah yang luas, sumber alam hayati dan nabati yang luar biasa, kita mempunyai sumber daya manusia yang masih muda, kita mempunyai barang tambang; dan sekarang kita harus mempunyai visi untuk menggunakan pengetahuan ke dalam keunggulan tersebut, sehingga bangsa Indonesia mendapatkan keunggulan kembali di masa depan. Dan knowledge management (KM) salah satu solusi yang perlu mendapatkan perhatian.

Knowledge Management (KM) bukan hanya sekedar penggunaan teknologi informasi untuk menyimpan dan menyebarkan pengetahuan itu sendiri, tetapi KM juga merupakan proses untuk melakukan perubahan kepemimpinan organisasi dan sistem organisasi untuk lebih berlandaskan pada pengetahuan atau juga proses belajar yang tidak pernah berhenti. KM merupakan salah pendekatan untuk membetuk organisasi yang selalu belajar, Learning Organization. Sekarang bergantung kita semua, apakah kita siap untuk mengadopsi KM untuk meningkatkan daya saing kita semua.

Kepada semua pakar atau lembaga pendidikan atau juga lembaga pemerintahan, kami sangat berharap untuk bersama-sama membangun KM di Indonesia. Kita tidak berkeinginan kehilangan yang kedua dan yang ketiga, sudah cukup bagi kita kehilangan peluang dan inovasi, tetapi kita harus mengambil peluang dan inovasi bersama di masa depan.

Saat ini kita, bangsa Indonesia, sudah sangat dibanjiri dengan produk dan jasa dari luar, sedangkan kita sendiri tidak mampu untuk membangunnya sendiri. Telekomunikasi sudah hampir semuanya dimiliki perusahaan lain, seperti Nokia, Siemens, Alcatel, Indosat sendiri mayoritas bukan punya kita, Ericson, Huawei, ZTE, dll. Semuanya telah marasuk ke pasar yang dimiliki kita sendiri, sedangkan kita hanya sebagai pengguna, pemerhati dan penonton. Apakah kita tidak cukup dengan lulusan kita sendiri, ITB, UI, UGM, ITS dll. Hal itu dikarenakan kita tidak dapat memanfaatkan peluang dengan pengetahuan yang diperoleh dan dikembangkan oleh kita sendiri, atau memang tidak ada kesempatan untuk kita sendiri. Kami kira kita ada kesempatan, masih ada, kita bisa untuk itu. Asalkan kita semua mau untuk hal itu, apakah perusahaan Indonesia, apakah pemerintah sendiri.

KM harus dijadikan sebagai metodologi strategis di semua lingkungan organisasi kita, termasuk lingkungan pemerintahan. Coba kita telusuri informasi dan pengetahuan tentang tangkuban perahu melalui jaringan Internet, informasinya bisa ada di Washington, atau Jepang. Dikarenakan mereka semua berbagi dengan seluruh dunia, sedangkan kita tidak dapat berbagi. Karena itu kita tidak berkeinginan kehilangan yang kedua dan ketiganya.

Terimakasih.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s