Portal Geowisata Jabar: Menyatukan SumberPengetahuan dan Informasi Sebagai Landasan Pertumbuhan Geowisata Jawa Barat


Disajikan: Sebagai bahan seminar kecil untuk mengembangkan Geowisata Jawa Barat.

Pendahuluan

Pariwisata merupakan salah satu bentuk dari pemanfaatan alam lingkungan yang dapat memberikan keuntungan dari sisi perekonomian. Pengembangan usaha kepariwisataan memang diyakini dapat meningkatkan tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sasaran yang diinginkan dari sektor pariwisata ini adalah menarik wisatawan sebanyak-banyaknya untuk berkunjung ketempat-tempat wisata yang ada. Maka untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung ketempat wisata tersebut dibutuhkan pengetahuan yang cukup tentang tempat wisata yang akan dipromosikan. Para calon wisatawan pun akan memilih tempat wisata yang akan dikunjunginya berdasarkan informasi yang diberikan. Sehingga kelengkapan informasi yang disajikan secara tidak langsung juga akan menentukan keberhasilan dari pencapaian target yang sudah direncanakan. Informasi yang disajikan misalnya mengenai lokasi wisata, nilai historis dari tempat wisata, keperluan akomodasi seperti hotel dan restoran, tempat penjualan asesoris, serta transportasi yang disediakan untuk mencapai tempat wisata tersebut. Dengan demikian dapatlah diambil kesimpulan bahwa wisata masa depan tidak saja harus berlandaskan pada lingkungan alam saja, melainkan juga harus berlandaskan pada pengetahuan dan informasi.

Geowisata adalah salah satu bentuk pariwisata yang menonjolkan aspek-aspek kebumian serta memiliki daya tarik wisata. Contoh obyek wisata dari geowisata misalnya adalah gunung berapi, pantai, danau, mata air panas, goa dan lain-lain. Setiap situs-situs wisata geologi selalu memiliki daya tarik tersendiri baik dari sisi keindahan dan keunikannya ataupun dari sisi keilmuannya. Dari sisi keilmuan misalnya berupa pengetahuan yang terkandung didalamnya seperti informasi tentang proses terbentuknya suatu situs geologi ataupun peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi pada situs tersebut. Dengan demikian geowisata selalu memiliki keterkaitan dengan informasi dan pengetahuan yang menerangkan tentang potensi-potensi yang ada pada suatu situs geologi. Karena selain menyimpan potensi seperti keindahan dan keunikannya tetapi juga menyimpan potensi bencana yang harus diwaspadai. Dan selanjutnya bagaimana kita mengelola informasi dan pengetahuan tersebut agar dapat memberikan manfaat yang besar berupa optimalisasi potensi dan antisipasi terhadap potensi-potensi bahaya yang dihasilkan. Maka yang perlu disadari dalam hal ini adalah geowisata memiliki hubungan yang sangat erat dengan pengetahuan dan informasi.

Dengan berkembangnya teknologi internet maka memungkinkan untuk menyebarkan informasi dan pengetahuan diatas kepada calon wisatawan diseluruh dunia. Perkembangan teknologi komputer menghasilkan banyak penemuan yang baru terutama untuk pengelolaan pengetahuan dan informasi sehingga penyimpanan dan penyebarannya akan lebih cepat dan lebih sistematis. Dengan menjadikan manajemen pengetahuan dan informasi sebagai landasan dari pengembangan geowisata, maka diperlukan sebuah pendekatan khusus untuk memadukan antara geowisata, teknologi internet dan manajemen pengetahuan-informasi. Dengan pendekatan yang tepat maka teknologi internet akan dapat mendukung penerapan manajemen pengetahuan dan informasi pada geowisata.

Pendekatan Yang Digunakan

Gambar diatas menjelaskan tentang pendekatan yang dipakai untuk merancang portal geowisata, yaitu dengan memasukkan aspek pengetahuan dan informasi dari setiap obyek wisata geologi. Dari aspek informasi portal geowisata dapat menjadi alat untuk memberikan informasi seputar obyek wisata baik mengenai lokasi obyek wisata, transportasi, komunikasi, hotel, restoran dan masih banyak lagi. Dengan informasi ini para calon wisatawan akan mengetahui dan kemudian akan memutuskan apakah ia akan pergi ke obyek wisata tersebut atau tidak dengan melihat kelengkapan fasilitas yang ada. Sedangkan dari aspek pengetahuan akan memungkinkan untuk semua pihak mengoptimalkan potensi-potensi yang ada melalui upaya eksplorasi dan penelitian. Pengetahuan tersebut dapat dikelola dalam bentuk dokumen yang berisi artikel, link ke suatu situs internet, forum diskusi atau melalui tulisan dengan para pakar yang terkait dengan geowisata.

Kenapa Knowledge Management?

Knowledge management merupakan kumpulan dari fungsi, proses dan sumber daya yang memungkinkan untuk mengumpulkan, menyimpan dan menyebarkan pengetahuan. Diatas sudah dijelaskan bahwa sebenarnya geowisata sangatlah kental dengan pengetahuan beserta sumbernya. Setiap situs-situs geologi selalu berisi informasi dan pengetahuan yang menarik untuk dipelajari dan diteliti. Ini tidak hanya untuk mengeksploitasi potensi-potensi yang bersifat positif saja, tetapi juga untuk mengantisipasi potensi bahaya yang mungkin muncul.

Pengetahuan merupakan sumber daya yang sangat mahal dan memerlukan upaya khusus untuk mendapatkannya. Pengetahuan tidak diperoleh dalam jangka waktu yang dekat, tetapi ia memerlukan proses yang lama sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pengetahuan juga tidak hanya terdapat pada tulisan-tulisan didokumen saja, melainkan juga terdapat pada pikiran seorang pakar, ataupun pada suatu proses bisnis. Selain itu pengetahuan juga dapat hilang, baik dikarenakan seseorang itu sakit, meninggal, pindah kerja dan lain sebagainya.

Oleh karena itu pembangunan portal informasi dan pengetahuan mengenai geowisata harus menggunakan pendekatan knowledge management. Karena memang knowledge management mampu memberikan satu kerangka solusi terhadap pengetahuan yang ada didalam geowisata. Knowledge management memiliki solusi-solusi untuk mengelola pengetahuan sejak dari proses pemasukan, penyimpanan dan sampai pada proses pendistribusian pengetahuan.

Dengan pendekatan antara manajemen informasi serta manajemen pengetahuan maka portal geowisata yang dibangun diharapkan akan mampu untuk mencapai sasaran-sasaran pariwisata yang diharapkan.

Fitur-fitur

Fitur-fitur yang ada pada aplikasi portal untuk geowisata ini adalah :

Komunikasi berbasis virtual untuk mengundang pembeli wisata dan wisatawan

Fitur ini memungkinkan untuk para pembeli wisata dan calon wisatawan untuk mendapatkan informasi penting mengenai obyek-obyek wisata geologi.

Manajemen sumber pengetahuan geologi

Fitur ini akan memudahkan didalam pengelolaan segala macam bentuk sumber pengetahuan seperti dokumen hasil penelitian, link ke situs internet tertentu, hasil diskusi, ataupun komentar dari para pakar.

Gambar Halaman Depan Portal Geowisata

Gambar Halaman Daftar Pengetahuan Portal

Manajemen sumber informasi fasilitas

Fitur ini berfungsi untuk mengelola informasi mengenai fasilitas-fasilitas yang ada pada suatu obyek wisata. Kelengkapan informasi pada suatu obyek wisata tertentu akan membantu bagi para wisatawan untuk menentukan obyek wisata mana yang akan mereka kunjungi.

Voting

Fitur ini berfungsi untuk mengetahui trend dari salah satu isu yang sedang berkembang dibidang geowisata. Melalui fitur ini maka akan cepat dapat diambil suatu keputusan yang berkaitan dengan isu yang sedang berkembang.

Gambar Hasil Voting

Kelebihan

Dibawah ini adalah kelebihan-kelebihan yang dapat diambil dari aplikasi portal geowisata, yaitu :

• Portal ini dapat dijadikan untuk saling bertukar pikiran dalam bidang geologi.

• Meningkatkan kepahaman terhadap objek wisata untuk memandu pengetahuan yang ada.

• Memberikan peluang ke para peneliti/mahasiswa dari dalam ataupun luar negeri untuk mengetahui sumber pengetahuan dan memberikan kajian yang lebih maju dari hasil penelitian.

• Memudahkan bagi para penjual wisata luar negeri untuk berkolaborasi dengan pengusaha wisata dalam negeri.

• Memudahkan bagi wisatawan luar atau dalam negeri untuk memutuskan datang ke lingkungan geowisata.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s