Pengembangan Alur Pikir Agenda Strategis Indonesia


Sebagai tahapan untuk mengembangkan alur berpikir gagasan Peta Strategi Indonesia, maka perlu dikembangkan metodologi yang dapat dipahami, dieksekusi dan dinilai serta dijadikan sebagai proses pembelajaran segenap masyarakat Indonesia dan segenap stakeholders baik secara nasional maupun internasional.

MISI & NILAI-NILAI DASAR :
Alur pikir agenda strategis ini dimulai dengan penetapan kembali misi dasar bernegara dengan landasan tujan bernegara yang sesuai dengan konstitusi, selanjutnya nilai-nilai dasar dibangun menjadi nilai-nilai organisasi yang mengacu pada nilai-nilai dasar bernegara dengan dalam bentuk kode etik dan code of conduct serta dikembangkan menjadi kultur organisasi yang konkrit dengan terhubungkan dengan misi dasar masing-masing organisasi yang dijaga eksistensinya.

COMMON VISION :
Berikutnya visi dibangun sesuai dengan tujuan bernegara menjadi bagian penting dalam mengembangkan tujuan organisasi untuk memenuhi kebutuhan layanan publik yakni : pendidikan, kesehatan, public facility , layanan publik dll sedangkan untuk sektor bisnis adalah layanan dan produk yang berkualitas dan kompetitif secara nasional dan internasional serta bagaimana sektor bisnis dapat juga dilibatkan dalam penyediaan layanan masyarakat dengan prinsip value for money (efisien, efektif dan ekonomis).

STRATEGI :
Strategi akan diarahkan untuk mencapai tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas dan manfaat layanan public goods/service dan private goods/services tersebut dengan pola assessment yang melibatkan partisipasi masyarakat dari, untuk dan oleh masyarakat dimana organisasi dibangun dengan fungsi-fungsi untuk kepentingan masyarakat dan dilakukan dengan partisipasi masyarakat.

SISTEM MANAJEMEN STRATEGIS :
Pola caused-effect relationship (hubungan sebab-akibat) antara masyarakat dengan manajemen institusi Negara dan lembaga perwakilan dapat melibatkan peran serta pihak masyarakat baik secara langsung maupun melalui organisasi baik yang sifatnya organisasi bisnis maupun organisasi swadaya masyarakat secara sinergis dan berkelanjutan dengan konteks tujuan bernegara.

ANALISA SEBAB – AKIBAT :
Alur berpikir dan pola system manajemen strategis dibangun dengan pendekatan prinsip-prinsip dasar Good Governance dan Corporate Governance. Pola hubungan sebab – akibat ini untuk memudahkan analisa dan pengukuran serta langkah-langkah perbaikan secara berkesinambungan yang dapat dikembangan menjadi knowledge management dan membangun knowledge society.

SISTEM KEPEMIMPINAN :
Komunitas Negarawan yang merupakan komunitas yang dibangun dengan menciptakan Knowledge Society yang akan menjadi sumber inspirasi bagi perubahan masyarakat dalam mencapai cita-cita bersama ( common vision ) sesuai dengan tujuan bernegara yang terus diproses dan disempurnakan untuk mencapai produktivitas, competitiveness , dan pada akhirnya keunggulan organisasi/masyarakat Indonesia baik secara nasional maupun internasional.

Sistem Kepemimpinan ini yang akan menjalankan sistem Manajemen Strategis dengan tujuan bernegara menjadi tema utama pengembangan strategi dengan media Peta Strategi Indonesia sebagai visualisasi dan media komunikasi.

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s